Kamis, 02 Juli 2020

APAKAH SUDAH TERDAFTAR PEMBATIK ATAU BELUM?



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Semangat pagi, sahabat pendidik hebat dimanapun Anda berada.
Luar biasa antusiasme teman-teman yang ingin mendaftar program PembaTIK (Pembelajaran berbasis TIK) kemarin. Ada yang beberapa kali mencoba baru berhasil  dikarenakan servernya tidak mampu menampung semua guru yang mendaftar secara bersamaan. Namun hal itu tidak mengurangi semangat teman-teman yang ingin terus belajar untuk menjadi guru zaman now yang tidak kalah update dengan peserta didik kita.

Banyak pertanyaan melalui WA saya, dan beberapa saya jawab langsung seperti:
  1. Kalau tidak ada NUPTK bisakah mendaftar?
  2. Saya guru pemula, baru mengajar apakah bisa ikut PembaTIK?
  3. Saya guru di bawah naungan Kementerian Agama apakah bisa juga ikut PembaTIK dari Kemdikbud?
  4. Saya masih honorer, bolehkah ikut pembatik pak?
Jawaban semuanya BISA. Hanya yang bertanda (*) yang wajib diisi untuk pendaftaran. Saya juga guru di bawah naungan Kementerian Agama. Baik guru berstatus PNS, CPNS, Yayasan, ataupun GTT (Guru Tidak Tetap) bisa mendaftar PembaTIK. Program ini memang khusus ditujukan untuk kita, guru-guru di Indonesia.

Yang paling disayangkan beberapa  sudah mendaftar https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ namun tidak mengetahui apakah sudah terdaftar di program PembaTIK atau belum. Saya tekankan sahabat perlu memilih pelatihan lagi yang ingin diikuti. Silahkan menonton video tutorial pada postingan sebelumnya

Untuk memeriksa apakah kita sudah terdaftar atau belum, dapat lakukan langkah - langkah berikut.
  1. Login https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu pelatihan - lalu klik pelatihan saya.
  3. Akan muncul pelatihan PembaTIK yang kita ikuti dengan status diterima sebagai peserta.



Selesai, tinggal login dan ikuti sesuai tanggal pelaksanaan nanti.

Perlu kegigihan dan kesabaran untuk bertahan mencapai sesuatu. Menurut saya, sahabat sudah luar biasa, ada yang hampir jarang megang komputer (mengaku gaptek) tapi saat memulai pantang menyerah. Ada yang baru menjadi guru sudah sangat aktif untuk melakukan program PD (Pengembangan Diri). Saya di tahun 2009 awal mengajar dulu masih buta tentang PD hanya tahu mengajar dan kuliah. 
Sekali lagi, saya disini hanya sharing ya, sesuai tema blog berbagi ilmu dan cerita. Nantikan kedepannya, saya akan share tentang PJJ Multimedia yang masih saya ikuti dari Balai Diklat Keagamaan dan Satu Guru Satu Aplikasi Android dari Ikatan Guru Indonesia.

Kalau ada yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. Kritik dan saran sangat saya tunggu. 
Salam hebat, guru Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar